Laman

Kamis, 17 Mei 2012

Pembajakan situs Mabes Polri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak ingin kembali dibobol, Polri untuk sementara waktu menutup situs Mabes Polri yang telah dibobol dengan meretas atau hack. Tim Cyber Polri pun berbenah diri untuk situs Polri ini.
"Konten sedang dipelajari oleh tim Cyber kami. Jadi, memang sementara tidak dioperainal dulu," kata Kabag Penum Polri, Jakarta, Selasa (17/5/2011).
Boy belum bisa memastikan sampai kapan situs resmi Kepolisian Republik Indonesia akan diaktifkak kembali. "(Statusnya) underconstruction, tidak dioperasinal dulu. Sabar saja, tunggu hasil kerja tim cyber crime kami," imbuhnya.
Sebagaimana diberitakan, alamat situs resmi Polri dibajak oleh pihak tak bertanggung jawab sejak Senin (15/5/2011) kemarin.
Saat pertama mengakses situs www.polri.go.id, ditemui kegagalan. Domain tersebut tidak bisa diakses sama sekali.Namun, setelah itu para pengguna internet diarahkan ke alamat http://www.polri.go.id/backend/index.html. Alangkah terkejutnya ketika berhasil diakses muncul gambar dua orang sedang mengangkat bendera di atas sebuah bukit.
Tampilan layar pun berwarna hitam dan tercantum tulisan "Tiada tuhan kecuali Allah - Muhammad hamba dan utusan Allah." "Bangkitlah singa-singa Islam!".

Analisa :


Kasus pembajakan situs mabes porli ini bisa dikatakan sebagai kejahatan seorang hacker yang diduga dilakukan oleh seorang mahasiswa tingkat empat sebuah perguruan tinggi di wilayah jawa tengah. Dengan adanya kasus ini menjadi pembelajaran bagi mabes polri untuk meningkatkan keamanan situsnya.

Cara penaggulangan :
Pencegahan yang harus dilakukan dengan menutup lubang-lubang keamanan terutama Sistem informasi seperti website, apalagi kasus diatas berhubungan dengan pemerintahan dan keamanan. cara mencegahnya yaitu dengan melakukan beberapa keamanan sistem informasi seperti peng-Enkripsian-Deskripsian data sehingga para hacker yang tidak berwenang tidak akan mengubah isi yang ada pada sistem  kita sehingga kemanan data-data lebih terjamin.





Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/05/17/dibobol-hacker-situs-polri-diistirahatkan

Dipostkan oleh : Nurisma Sari Saputri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar