Laman

Kamis, 17 Mei 2012

Penipuan melalui website

KLATEN-Banyaknya masyarakat yang tertarik untuk memesan mobil Kiat Esemka ternyata dimanfaatkan pihak-pihak tertentu guna meraup untung pribadi. Hal itu dilakukan dengan melakukan penipuan.
Penipuan dilakukan dengan mengirim pesan singkat secara acak yang berisi tentang pemesanan mobil Kiat Esemka. Dalam pesan singkat tersebut juga disertakan alamat website, http://www.mobilesemka.co.cc.
Margono,  35, mengaku Selasa (21/2) kemarin mendapatkan pesan singkat tersebut. Pesan singkat tersebut berisi, KIAT MOBIL SMK Sudah Tersedia Untuk Di Pesan. Type dan Harga DIGDAYA Rp60juta (SUV)RJ Rp76juta pemesanan Hub : 024-10077 085329984777 www.mobilesemka.co.cc.
Lantaran penasaran, Margono lantas mengecek alamat <I>website<I> yang dimaksud. “Tampilan web-nya menarik dan meyakinkan. Saya penasaran kemudian saya mencoba menghubungi nomor yang dimaksud dalam web tersebut,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (22/2), di Klaten.
Dalam alamat website tersebut, beberapa menu diantaranya formulir pemesanan, spesifikasi mobil Kiat Esemka, serta brosur dan kredit pemesanan. Pada menu hubungi kami yang menampilkan alamat SMK 2 Solo, dan PT Solo Manufaktur Kreasi (Techno Park).
Namun, lanjut Margono, terdapat kejanggalan lantaran nomor telepon yang tertera dalam website tersebut menujukkan area Semarang. “Padahal Techno Park kan berada di Solo,” katanya.

Analisa :


Jadi kasus ini adalah kasus yang tergolong murni penipuan yang tujuannya untuk mengeruk keuntungan semata. Yang penyebarannya melaui  pesan singkat, selanjutnya korban coba diyakinkan dengan alamat websitenya.  Website Esemka tersebut terlihat lengkap dan menjanjikan dengan gambar, spesifikasi, galeri foto, serta alamat asli mobil Esemka.Tapi  kalau diteliti lagi website tersebut adalah palsu,  Karena Hotline telpon yang dipakai berkode wilayah Semarang yakni  024 yang seharusnya wilayah Solo sesuai alamat mobil Esemka diproduksi. Begitu pula, Konfirnasi dari kepala sekolah  SMK  2 Surakarta yang tidak membenarkan website tersebut.

Cara penanggulangan :
  • Kesadaran  bagi  masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan agar berhati-hati dalam bertransaksi dalam  internet, serta tidak mudah percaya pada pesan singkat yang tidak jelas sumbernya, apalagi yang ujung-ujungnya harus menstransfer sejumlah  uang.
  • Konfirmasikan dulu alamat situs tersebut  apakah  asli atau tidak,  kalau  bisa datang langsung  saja ke tempat alamat tersebut.
  • Laporkan ke pihak berwajib jika nyata-nyata tersebut adalah website palsu agar pelaku dapat segera ditangkap dan website tersebut  ditutup agar tidak memakan korban lebih banyak.
  • Perlu dukungan dari pemerintah agar situs-situs palsu lainnya tidak ada lagi,  dan perlu dukungan  pula dari lembaga khusus untuk memberikan informasi dan mensosialisasikan secara intensif mengenai cybercrime kepada masyarakat.

Sumber : http://www.solopos.com/2012/klaten/mobil-esemka-awas-penipuan-melalui-website-164814
Dipost oleh : Sri Waryanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar